Runtuhnya Jembatan Baltimore: Pelajaran Berharga untuk Membangun Infrastruktur yang Lebih Aman

Sumber : Michael A. McCoy for The Washington Post

Pada 26 Maret 2024, Jembatan Francis Scott Key di Baltimore runtuh setelah sebuah kapal kontainer sepanjang 300 meter dan berbobot 100.000 ton bernama MV Dali kehilangan daya dan menabrak salah satu tiang penyangga. Jembatan itu runtuh dalam sekejap, menyebabkan beberapa kendaraan jatuh ke sungai di bawahnya.

Penyidik federal sedang meninjau perekam data kapal untuk mencari petunjuk tentang apa yang salah. Kapal tersebut memiliki masalah inspeksi pada bulan Juni tahun lalu, menurut Equasis, sebuah basis data pengiriman. FBI telah menyatakan bahwa terorisme kemungkinan besar bukan penyebabnya.

Runtuhnya jembatan telah menghentikan aliran kapal masuk dan keluar dari Baltimore untuk waktu yang tidak dapat ditentukan, yang dapat merugikan ekonomi lokal, membebani rantai pasokan, dan mengacaukan pengiriman di sepanjang Pantai Timur AS. Pelabuhan adalah kontributor penting bagi ekonomi negara bagian, mendukung ribuan pekerjaan yang langsung terkait dengan operasi pelabuhan dan banyak lagi di sektor terkait.

Sumber : Tasos Katopodis/Getty Images

Runtuhnya jembatan telah menunjukkan pentingnya melindungi tiang penyangga jembatan. Seiring waktu, ukuran kapal kargo telah bertambah besar. Oleh karena itu, insinyur perlu memikirkan bagaimana kapal-kapal besar ini dapat mempengaruhi jembatan. Kita tidak bisa hanya membiarkan jembatan seperti apa adanya, tetapi harus memastikan bahwa kita memiliki langkah-langkah perlindungan yang tepat untuk jembatan, dan langkah-langkah ini harus disesuaikan seiring dengan perubahan ukuran dan jenis kapal di sekitarnya.

Administrasi Biden berjanji untuk melakukan upaya agresif untuk menghapus puing-puing jembatan dan membuka kembali pelabuhan, yang menangani hingga $200 juta barang pada hari biasa. Namun, Menteri Transportasi Pete Buttigieg memperingatkan tentang “jalur panjang dan sulit” menuju pemulihan penuh, termasuk pembangunan kembali jembatan yang rusak.

Insiden ini menjadi pengingat keras tentang pentingnya keamanan infrastruktur dan kebutuhan untuk peningkatan terus-menerus dalam praktik teknik.

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama