Boom Supersonic’s XB-1 Demonstrator Mengudara

 

Sumber: Boom Supersonic

Pada tanggal 22 Maret 2024, Boom Supersonic mengumumkan penerbangan sukses dari XB-1, jet supersonik yang dikembangkan secara independen pertama di dunia, di Mojave Air & Space Port di Mojave, California.

XB-1, seperti Overture, pesawat penumpang supersonik Boom, memanfaatkan teknologi canggih untuk memungkinkan penerbangan supersonik yang efisien, termasuk komposit serat karbon, avionik canggih, aerodinamika yang dioptimalkan secara digital, dan sistem propulsi supersonik canggih.

Sumber: Boom Supersonic

“XB-1 terbang di ruang udara yang sama di mana Bell X-1 pertama kali memecahkan hambatan suara pada tahun 1947,” kata Blake Scholl, pendiri dan CEO Boom Supersonic. “Saya telah menantikan penerbangan ini sejak mendirikan Boom pada tahun 2014, dan ini menandai tonggak penting terbesar dalam perjalanan kami untuk membawa perjalanan supersonik ke penumpang di seluruh dunia.”

Dengan Chief Test Pilot Bill “Doc” Shoemaker, XB-1 lepas landas dari Mojave Air & Space Port dan terbang di ruang udara yang sama yang menjadi homebase banyak penerbangan pertama dalam sejarah, termasuk penerbangan Bell X-1, North American X-15, dan Lockheed SR-71 Blackbird.

Sumber: Boom Supersonic


XB-1 berhasil mencapai semua tujuan tesnya, termasuk mencapai ketinggian dengan aman dan berhasil sebesar 7.120 kaki dan kecepatan hingga 238 knot (273 mph)1. Selama XB-1 berada di udara, tim melakukan penilaian awal tentang kualitas penanganan pesawat, termasuk pemeriksaan kecepatan udara dengan pesawat pengejar T-38, dan menilai stabilitas pesawat dalam sikap pendaratan (dengan sudut serangan tinggi).

Dua dekade setelah pensiunnya Concorde, penerbangan pertama XB-1 menandai kembalinya pesawat supersonik sipil ke langit dan membuka jalan bagi kebangkitan perjalanan supersonik utama di atas kapal Overture, pesawat penumpang supersonik berkelanjutan Boom.

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama